KOMUNIKASI DESAIN VISUAL

SEJARAH KOMUNIKASI VISUAL
            Manusia sudah mengenal dan mempraktekkan komunikasi visual sejak jama pra-sejarah. Banyak sekali hasil dari komunikasi visual yang dibuat oleh manusia, contohnya prasasti. Hingga seiring dengan kemajuan jaman manusia bias membuat komunikasi visual yang lebih menarik dan komunikatif, contohnya buku, seni pangung dan drama yang masih menjadi alat komunikasi yang sangat efektif hingga sekarang.
            Desain Komunikasi Visual baru berkembang sekitar tahun 1950an. Dalam perkembangan nya, desain komunikasi visual telah melengkapi pekerjaan dari agen periklanan. Desainer komunikasi visual telah menjadi bagian dari industry komunikasi – dunia periklanan, penerbitan surat kabar, pemasaran dan hubungan masyarakat.

PENGERTIAN DAN FUNGSI DESAIN KOMUNIKASI VISUAL
            Komunikasi Desain Visual yaitu desain yang mengkomunikasi informasi dan pesan yang ditampilkan secara visual. Desain Grafis atau Desain Komunikasi Visual. Dua istilah ini menjadi perdebatan, tetapi desain grafis adalah suatu istilah penamaan yang mengacu pada latar dua dimensi yang bervariasi baik format dan kompleksitas. Sedangkan dari sudut media karena sifat keberadaannya yang kasat mata maka hal ini sering diistilahkan dengan desain komunikasi visual. Masalah perubahan nama dari Desain Grafis menjadi Desain Komunikasi Visual  di Indonesia lebih disebabkan oleh faktor industri.
            Seringkali Desain Komunikasi Visual tampak seperti seni murni, tetapi antara Desain Komunikasi Visual dan seni murni memiliki perbedaan. Seniman murni bertujuan lebih untuk memuaskan diri sedangkan desainer harus menggerakkan sekelompok orang untuk menghadiri suatu acara, mengikuti petunjuk, membeli suatu produk. Para desainer komunikasi visual berusaha agar mendapatkan respon positif dari sekelompok orang tersebut. Oleh karena itu Desain Komunikasi Visual harus komunikatif, dapat dikenal, dibaca, dimengerti oleh sekelompok orang tersebut.
            Seorang desainer komunikasi visual yang professional harus memiliki pengetahuan, kemampuan dan pengalaman yang luas tentang komunikasi visual. Seorang professional desainer komunikasi visual harus memiliki bakat yang baik dalam berkomunikasi secara visual, mempunyai kemampuan untuk menganalisa suatu masalah, mencari solusi masalah tersebut dan mempresentasikan secara visual.
            Dalam perkembangannya selama beberapa abad, desain komunikasi visual mempunyai tiga fungsi dasar, yaitu sarana identifikasi, sebagai sarana informasi dan instruksi, dan yang terakhir sebagai sarana presentasi.

A. Desain Komunikasi Visual sebagai sarana identikasi
            Fungsi dasar dari komunikasi desain visual sebagai sarana identikasi. Identitas seseorang dapat  mengatakan tentang siapa orang itu, ataupun  suatu benda atau produk yang mencerminkan kualitas produk itu  dan mudah dikenali, baik oleh produsennya maupun konsumennya.
B. Desain Komunikasi Visual sebagai sarana informasi dan instruksi
            Sebagai sarana informasi dan instruksi, komunikasi desain visual bertujuan menunjukkan hubungan antara suatu hal dengan hal lain dalam pentunjuk, arah , posisi dan skala; contohnya peta, diagram, symbol dan penunjuk arah.
C. Desain Komunikasi Visual sebagai sarana presentasi dan promosi
            Tujuan dari komunikasi desain visual ini sebagai sarana presentasi dan promosi yaitu untk menyampaikan pesan, mendapatkan perhatian secara visual, dan membuat pesar tersebut dapat diingat; contoh nya poster.

ELEMEN-ELEMEN DESAIN KOMUNIKASI VISUAL
            Elemen-elemen yang sering digunakan dalam desain komunikasi visual antara lain adalah tipografi, simbolisme, ilustrasi, dan fotografi. Elemen-elemen tersebut bias digunakan sendiri atau digabungkan.
a. Desain dan Tipografi
            Tipografi adalah seni menyusun huruf-huruf sehingga dapat dibaca tetapi masih mempunyai nilai desain. Tipografi digunakan sebagai metode untuk menerjemahkan kata-kata ke dalam bentuk tulisan. Fungsi bahasa visual ini untuk mengkomunikasikan ide, cerita dan informasi melalui segala bentuk media, mulai dari label pakaian, poster, buku dan surat kabar.
b. Desain dan Simbolisme
            Simbol telah ada sejak jaman prasejarah, saat manusia prasejarah membuat tanda-tanda pada batu dan gambar-gambar pada dinding gua. Manusia pada jaman ini menggunakan symbol untuk mencatat apa yang mereka lihat dari kejadian sehari-hari. Simbol sangatlah penting dan keberadaanya sangat tak terbatas dalam kehidupan sehari-hari, simbol juga sangat efektif digunakan sebagai sarana informasi untuk menjembatani perbedaan bahasa yang digunakan dan bentuk yang lebih kompleks dari simbol adalah logo.
c. Desain dan Ilustrasi
            Ilustrasi adalah suatu bidang dari seni yang berspesialisasi dalam penggunaan gambar yang tidak dihasilkan dari kamera atau fotografi, ilustrasi disini maksudnya adalah gambar yang dihasilkan secara manual. Ilustrasi harus dapat menimbulkan respon atau emosi yang diharapkan dari pengamat yang dituju, ilustrasi harus dapat bercerita banyak dibandingkan dengan fotografi. Saat ini ilustrasi lebih banyak digunakan dalam cerita anak-anak yang bersifat imajinatif.
d. Desain dan Fotografi
            Para desainer banyak menggunakan elemen fotografi, yaitu penerbitan dan periklanan. Dalam penerbitan lebih diutamakan kemampuan untuk bercerita dengan baik dengan pembaca; sedangkan dalam periklanan lebih diutamakan kemampuan untuk menjual produk yang diiklankan tersebut. Fotografi sering dipakai karena permintaan klien, juga karena lebih represetatif contohnya jika sebuah majalah yang memuat tentang seorang bintang film yang film nya baru rilis. Fotografi sangat efektif untuk mengesankan keberadaan suatu tempat, orang atau produk.
Selain elemen-elemen ini, seorang desainner perlu mengerti tentang konsep dasar pemasaran dan hubungannya dengan visualisasi. Ia juga perlu mempunyai kemampuan untuk bekerja dengan rapi cepat dan tepat. Ia juga perlu mempunyai kemampuan untuk bersosialisai untuk menghadapi klien, supplier, percetakan dan lain-lain.
KESIMPULAN
            Komunikasi Desain Visual merupakan suatu bidang baru yang sedang dan akan terus berkembang. Dalam era globalisasi ini peran Komunikasi Desain Visual tidak terlepas dari kehidupan manusia sehari-hari dan menjadi sangat penting. Manusia dengan kesibukan sehari-hari yang menyita sebagian besar waktunya, cenderung mengutamakan efektivitas. Efektivitas dapat dicapai dengan  dengan menhkomunikasikan suatu informasi atau pesan secara visual. Desain sendiri adalah suatu evolusi. Untuk sebagian orang, desain merupakan suatu perjalanan atau proses yang menyenangkan apa yang kita pikirkan dalam proses bercerita diri kita dan proses kreatifitas.

Daftar Pustaka
Umar Hadi. (2007), “Seni dalam Desain Komunikasi Visual”, Irama Visual: dari Toekang Reklame Sampai Komunikator Visual, Program Studi Disain Komunikasi Visual FSR ISI Yogyakarta dan Studio Diskom, Jalasutra , Yogyakarta.
SHARE
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html